HUh Akhirnya nulis lagi setelah sekian lama mati suri nge-blog, mulai hari ini di blog ini rencana saya akan menuliskan beberpa pengalaman yang saya dapat dari pekerjaan saya sekarang sebagai "satpam" server. he..heeee
Pertama saya mulai dari pekerjaan yang paling sering saya lakukan. yaitu monitoring traffic email internal maupun corporate. seperti biasa tiap pagi hari buka software Putty untuk remote ke server. dan memulai administrasi Server MX dan MAilbox. yuks kita mulai.
1. Ambil Air Minum Di pantry trus duduk lagi.
2. Ambil Napas dalam2 biar lebih fresh.
3.buka Software Favorite  Putty (klo blom ada download di ( http://the.earth.li/~sgtatham/putty/latest/x86/putty.exe )
4. remote server via ssh dengan putty.
5. cek service qmail
   root@mx3:~#qmailctl stat
   /service/qmail-send: up (pid 3199) 3979 seconds
   /service/qmail-send/log: up (pid 3208) 3979 seconds
   /service/qmail-smtpd: up (pid 3202) 3979 seconds
   /service/qmail-smtpd/log: up (pid 3207) 3979 seconds
    messages in queue: 60
    messages in queue but not yet preprocessed: 0
berarti jika di lihat di atas service qmail-send dan qmail-smtpd masih jalan dan  masih ada 60 email yang blom di proses  yang ada di dalam antrian proses, nah klo mo lihat email-email yang blom di proses  tinggal jalanin perintah :
root@mx3:~# /var/qmail/bin/qmail-qread  , klo mo lebih detail dan jika queuenya banyak di salin aja keluarannya ke dalam sebuah file jalankan perintah  root@mx3:~# /var/qmail/bin/qmail-qread > antrian. dan lihat file antrian dengan editor kesayangan anda (vi,joe, atau pico).
 6. Lihat Log Qmail
root@mx3:~#tail -f /var/log/maillog
Lihat log maillog untuk monitoring apakah ada aktifitas email dan lihat apakah service qmail-scanner  , spamassasin , dan clamav jalan atau tidak.
 root@mx3:~#tail -f /var/log/qmail/qmail-send/current  , melihat log qmail-send
 root@mx3:~#tail -f /var/log/qmail/qmail-smtpd/current  ,
melihat log qmail-smtpd
nah klo semua log jalan dan gak ada yang aneh-aneh saya sudah bisa meneruskan browsing dan chatting lagi. sebenarnya masih banyak cuma biasanya sich yang paling sering sich itu. nanti kita lanjut lagi deh..